Pendapatan Per Kapita Indonesia 2007

Menurut berita di detik, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia tahun 2007 naik 17% nenjadi USD 1946 atau sekitar Rp. 17,9 juta per tahun (kurs 9200). Total Product Domestic Bruto (PDB) 2007 sebesar RP. 3.957 triliun.

Informasi ini disampaikan oleh Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Slamet Sutomo dalam jumpa pers di Gedung BPS, jalan Jakarta, Jumat (15/2/2008).

Bandingkan dengan negara lain seperti Hongkong yang berkisar antara US$ 30000 – 46000, atau Jepang yang mempunyai pendapatan per kapita sekitar US$ 34.189, atau Australia dengan penghasilan rata-rata A$50.000 per tahun.

Tapi Indonesia tercatat sebagai pembeli hape Nokia Communicator terbesar di dunia… :-)

About these ads

28 comments on “Pendapatan Per Kapita Indonesia 2007

  1. Fadlah mengatakan:

    Mau tanya mengenai pendapatan percapita antara orang indonesia & amerika per tahun?
    Kalo bisa yang terbaru / thn 2008.
    Makasih.
    Ditunggu.

  2. sorryman mengatakan:

    Miris memang melihat pendapatan perkapita Indonesia yang kecil dibandingkan dengan negera maju lainnya padahal Indonesia lebih kaya akan sumber daya alamnya.
    Distribusi pendapatan di Indonesia tidak merata sehingga jenjang antara orang kaya dan miskin sangat tinggi, ini dlihat dari banyaknya barang-barang bernilai ekonomi tinggi seperti mobil, motor, HP, dan lainnya yang berseliweran di pusat-pusat kota . Padahal masih banyak orang yang belum dapat memenuhi kebutuhan dasarnya seperti makan, minum, ketersediaan air bersih dan lainnya.

  3. c. patriawan mengatakan:

    mau gdp AS nasional atau state ?
    nasional kalau gak salah 50an something.
    california mungkin 55-60..

    tapi kalau ‘GDP’ indian-chineese di california sekitar 75K.. interesting ? :-)

  4. nizaminz mengatakan:

    Harap diingat Indonesia tidak merata. Bakrie dan Sukanto Tanoto punya harta Rp 54 trilyun dan 44 trilyun. Sementara keluarga Basse pendapatannya hanya Rp 5.000-10.000 / hari.

    Bayangkan kalau pendapatan per kapita Indonesia 17,9 juta/tahun, berarti 1 keluarga dengan 2 anak pendapatannya 71,6 juta atau rp 5 juta/bulan.

    Padahal 85% keluarga Indonesia (4 orang) paling2 pendapatannya hanya rp 1 juta / bulan atau US$ 326/orang

    Besarnya angka itu kemungkinan karena kenaikan harga minyak dan minyak goreng yang bertubi2 dan menguntungkan segelintir pengusaha minyak sementara justru menyengsarakan mayoritas rakyat Indonesia.

  5. quantan mengatakan:

    Menurut Bank Dunia (koran tempo 13 Mei 2008):
    Pendapatan per kapita Indonesia : US$ 1420
    Pendapatan per kapita Malaysia : US$ 5490
    Pendapatan per kapita Thailand : US$ 2990
    Pendapatan per kapita Singapura : US$ 29320
    Pendapatan per kapita Vietnam : US$ 690

  6. cah kene mengatakan:

    lagi2 indonesia tergolong negara miskin, tapi dengan pejabat kaya…

  7. klikharry mengatakan:

    baca data dari Bank Dunia diatas
    Kesimpulan:
    -indonesiya benar-benar miskin dan menyedihkan-

  8. amir karimuddin mengatakan:

    1420 dollar itu ga sampe 15 juta Rupiah setaun.. atau cuma 1 jutaan per bulan… untuk tinggal di jakarta.. gimana bisa ya..

  9. quantan mengatakan:

    @amir karimuddin:
    UMR DKI Jakarta sekitar 1 jutaan per bulan. UMR Bekasi kurang sedikit dari 1 juta rupiah sebulan.

  10. Dino mengatakan:

    Terlalu jauh untuk membandingkan Indonesia dengan Jepang dan Amerika. Bandingkan aja dengan Malaysia yang sekitar $14ribu/thn

  11. Teguh Ramanal mengatakan:

    Menurut Bank Dunia (koran tempo 13 Mei 2008):
    Pendapatan per kapita Indonesia : US$ 1420
    Pendapatan per kapita Malaysia : US$ 5490
    Pendapatan per kapita Thailand : US$ 2990
    Pendapatan per kapita Singapura : US$ 29320
    Pendapatan per kapita Vietnam : US$ 690

  12. raharja mengatakan:

    Indonesia seharusnya menjadi salah satu negara kuat di asia, namun indonesia adalah begara besar yang gagal mejadi besar

  13. abi mengatakan:

    boleh minta info data pendapatan perkapita negara ASEAN tahun 2007?

  14. syaukat mengatakan:

    boleh minta info data pendapatan perkapita negara ASEAN tahun 2008?

  15. syaukat mengatakan:

    boleh minta info data pendapatan perkapita negara ASEAN tahun 2008?
    klo bisa yang terbaru

  16. farid mengatakan:

    boleh minta pendapatan per kapita indonesia tahun 2008?

  17. BuLan_maniZzZ mengatakan:

    Minta data pendapatan per kapita tahun 2008?

  18. Nimank buol mengatakan:

    Pendapatan perkapita indonesia memang berbeda jauh dengan negara maju tapi hal itu memang wajar, tapi tenang saja pertumbuhan perkapita kita cukup mengejutkan naik 100% dalam 5 tahun dan hal ini terus bertambah seiring kestabilan ekonomi kita, bahkan para ekonom barat memuji keberhasilan pemerintahan kita.

  19. dhini mengatakan:

    wah materi ne bikin w bingung di skul w,,,,,,,,,,,,,,,
    thx a lot neh bwt materix

  20. aegis mengatakan:

    Wajar kalo pendapatan per kapita kita segitu, kan jumlah penduduk kita emang BANYAK sedangkan lapangan kerja SEDIKIT serta biaya pendidikan MAHAL dengan kualitas RENDAH dalam kawasan LUAS yang TIDAK MERATA.

    Namun setahap demi setahap pertumbuhannya jelas terlihat, jadi jangan berkecil hati :)
    Pertama pendidikan, program KB dan pemerataan dulu.
    Gw yakin pasti bakal maju terus perekonomian Indonesia asalkan gak banyak yang asal kawin(bukan nikah) !!

  21. rian mengatakan:

    saya mau tanya…
    pendaptan per kapita indonesia tahun 2006 berapa ya?
    tlg di jwb ya…thx

  22. sugeng mengatakan:

    minta data pendapatan perkapita tahun 2000 dong

    • quantan mengatakan:

      Coba lihat situs bank dunia (worldbank), atau coba juga situs CIA. Biasanya ada profil data ekonomi suatu negara, dan selalu di perbarui.

  23. dyah mengatakan:

    boleh minta pendapatan per kapita DKI JAKARTA tahun 2005-2009

  24. iwan mengatakan:

    boleh mnta data 000000000000,ha2 ha2 cuma brcnda doank…….

  25. […] The busiest day of the year was February 2nd with 164 views. The most popular post that day was Pendapatan Per Kapita Indonesia 2007. […]

  26. ifa mengatakan:

    boleh mnta data pendapatan perkapita tahun 2006-2010 klo bsa secepatx…..
    thanks before….:>

  27. faisal mengatakan:

    gmna sih yg bnar. . .
    Di bank dunia lain, trus d’search di sts yg lain jg hasilx lain, .
    Pusing >_~

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s